Kenalilah kebenaran, maka akan kita kenali orang-orang yang berjalan di atas kebenaran itu

Kebanyakan Manusia …

Terasa sekali bahwa tubuh dan hati ini belum banyak mengenal kelemahan diri, karena masih seringnya mengikuti persangkaan diri serta kebanyakan manusia. Persangkaan diri karena pendapat pribadi merasa paling benar sendiri, tanpa menyangka bahwa sejatinya kebanyakan manusia pun memiliki persangkaan yang sama.

Persangkaan kebanyakan manusia yang asalnya kumpulan persangkaan diri telah menjadi standar dalam menilai suatu kebenaran. Namun, bagaimana mungkin manusia sanggup menilai suatu kebenaran sekalipun dengan persangkaan kebanyakan manusia. Padahal, mengikuti persangkaan kebanyakan manusia bukanlah merupakan standar dari suatu kebenaran. Bahkan, Dzat yang paling mengetahui standar suatu kebenaran banyak mengabarkan bahwasannya kebanyakan sifat manusia memiliki kelemahan (buruk)

Perhatikanlah | bagaimana sifat kebanyakan manusia yang telah Allah subhanahu wa ta’ala kabarkan di dalam firman-firman-Nya;

  • Kebanyakan Manusia Hanya Mengikuti Persangkaan Dirinya Saja

“Dan kebanyakan mereka tidak mengikuti kecuali persangkaan saja. Sesungguhnya persangkaan itu tidak sedikitpun berguna untuk mencapai kebenaran. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan” (QS. Yunus:36)

  • Kebanyakan Manusia Tidak Mengetahui (Perduli) Terhadap Kebenaran, Tidak Mau Mencarinya dan Tidak Mau Menelitinya

“Apakah mereka mengambil tuhan-tuhan selain-Nya? Katakanlah: ‘Unjukkanlah hujjahmu! (Al Quran) ini adalah peringatan bagi orang-orang yang bersamaku, dan peringatan bagi orang-orang yang sebelumku.’ Sebenarnya kebanyakan mereka tiada mengetahui yang hak, karena itu mereka berpaling” (QS. Al Anbiyaa’:24)

  • Kebanyakan Manusia Tidak Berilmu (Mengetahui Agama), Kecuali Hanya Mengetahui Perkara Dunia

“(Sebagai) janji yang sebenarnya dari Allah. Allah tidak akan menyalahi janji-Nya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.  (QS. Ar Ruum:6)

“Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai.” (QS. Ar Ruum:7)

  • Kebanyakan Manusia Tidak Bersyukur

“Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang ke luar dari kampung halaman mereka, sedang mereka beribu-ribu (jumlahnya) karena takut mati; maka Allah berfirman kepada mereka: “Matilah kamu”, kemudian Allah menghidupkan mereka. Sesungguhnya Allah mempunyai karunia terhadap manusia tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur (QS. Al Baqarah:243)

  • Kebanyakan Manusia Lalai Mengingat Allah

“Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami” (QS. Yunus:92)

  • Kebanyakan Manusia Itu Fasik

“dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik” (QS. Al Maa’idah:49)

  • Kebanyakan Manusia Menyesatkan

“Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah)” (QS. Al An’aam:116)

  • Kebanyakan Manusia Hendak Menyesatkan Orang Lain Dengan Hawa Nafsunya

“Dan sesungguhnya kebanyakan (dari manusia) benar benar hendak menyesatkan (orang lain) dengan hawa nafsu mereka tanpa pengetahuan. Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang melampaui batas” (QS. Al An’aam:119)

  • Kebanyakan Manusia Tidak Beriman

Dan barangsiapa di antara mereka (orang-orang Quraisy) dan sekutu-sekutunya yang kafir kepada Al Quran, maka nerakalah tempat yang diancamkan baginya, karena itu janganlah kamu ragu-ragu terhadap Al Quran itu. Sesungguhnya (Al Quran) itu benar-benar dari Tuhanmu, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman”. (QS. Huud:17)

  • Kebanyakan Manusia Masih Berbuat Syirik Dan Tidak Mengetahui Kesyirikan

“Dan sebagian besar dari mereka (manusia) tidak beriman kepada Allah, melainkan dalam keadaan menyekutukan Allah (dengan sesembahan-sesembahan yang lainnya).” (QS. Yusuf:106)

  • Kebanyakan Manusia Mengingkari Al Quran Dan Tidak Menjadikannya Sebagai Petunjuk Hidup

“ Dan sesungguhnya Kami telah mengulang ulang kepada manusia di dalam Al-Quran ini setiap macam perumpamaan, tetapi kebanyakan manusia tidak menyukai selain mengingkari (QS. Al Israa’:89)

  • Kebanyakan Manusia Mengingkari Berjumpa Dengan Allah

“Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka? Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya kebanyakan di antara manusia benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Tuhannya” (QS. Ar Ruum:8)

  • Kebanyakan Manusia Mengingkari Nikmat

“Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu diantara manusia supaya mereka mengambil pelajaran; maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat) (QS. Al Furqaan:50)

Setelah kita mengetahui kebanyakan manusia dengan sifat-sifat lemah dan buruknya, akankah kita masih meyakini bahwa standar kebenaran adalah karena kebanyakan manusia?

Tidaklah Allah ta’ala memberikan khabar tentang kebanyakan sifat-sifat hamba-Nya yang lemah dan buruk, kecuali agar hamba-Nya kembali kepada sifat-sifat kebenaran yang mutlak yakni Al Qur’an dan Sunnah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: